Gebyarnya BINUS Nation Accounting Tournament

   Siang kemarin, pada tanggal 5 Oktober 2018 di Binus Campus Alam Sutera, tengah di ramaikan dengan lomba cerdas cermat mahasiswa/i akuntansi antar kampus. Kompetisi ini dinamakan “BINUS Nation Accounting Tournament”. Pada salah satu babak semifinal di ruang A1705, di ikuti oleh 3 tim dari 3 Universitas berbeda dan masing-masing tim terdiri dari 3 peserta. Warna jaket almamater mereka mendeskripsikan dari kampus mana mereka berasal. Warna biru dongker dari tim Universitas Multimedia Nusantara (UMN 1), warna merah maroon dari tim Universitas Bakrie (UB), dan warna hijau daun dari tim UPN Veteran Jakarta (UPNVJ).

   Semifinal ini dibagi  menjadi 3 babak, yaitu wajib untuk babak pertama, rebutan untuk babak kedua, dan lemparan untuk babak ketiga. Soal terdiri dari 10, 30, dan 15 soal untuk masing-masing babak. Sistem penilaian ini dibagi menjadi “benar” dengan nilai +10, “salah” dan “tidak menjawab” dengan nilai -5. Jika pada akhirnya ada tim yang bernilai sama, maka akan ada pertanyaan khusus yang nantinya akan mendapatkan selisih nilai dan juara dapat ditentukan. Tidak lupa pula juri di babak semifinal di ruang A1705 ini adalah Ibu Kartika Dewi dan Ibu Setiani yang merupakan Dosen BINUS.

   Pada saat kompetisi berlangsung, terlihat peserta cukup “kalem” di babak pertama yang bisa dikatakan semua tim masih pemanasan di babak ini. Namun, antusias meningkat pada babak kedua dimana peserta dari masing-masing tim harus “gercep” atau gerak cepat untuk menjawab pertanyaan di babak rebutan agar mereka dapat menambah skor mereka jika benar yaitu +10. Terlihat babak rebutan tersebut di dominasi oleh tim biru dongker, tapi tim merah maroon juga tidak mau kalah saing.

   Hasil keseluruhan dari semua babak ini menjebolkan tim biru dongker, yaitu dari Universitas Multimedia Nusantara (UMN 1) sebagai pemenang pada babak semifinal dengan skor 165 dan kemudian diikuti oleh tim merah maroon yaitu Universitas Bakrie dengan skor 17. Dengan demikian, tim UMN 1 dan tim UB melanjutkan perjalanan mereka ke babak final. Walaupun tim hijau daun (UPN-VJ) tidak dapat melanjutkan ke babak final, namun mereka sudah memberikan yang terbaik.

   Tidak sampai disitu, ternyata kedua tim yang berangkat dr ruang A1705 berhasil membawa pulang oleh-oleh ke kampusnya masing-masing karena mereka berhasil berkontribusi sebagai Juara 1 yang di pegang oleh Universitas Multimedia Nusantara (UMN 1) dan Juara 3 oleh Universitas Bakrie. Juara 2 diraih oleh Universitas Pelita Harapan yang mengikuti babak semifinal dari “kelas sebelah”. Inilah puncak acara “BINUS Nation Accounting Tournament” yang tidak luput dari keberhasilan tim panitia yang telah berusaha keras mempersiapkan lancarnya kegiatan yang berlangsung. Terima kasih kepada seluruh peserta yang turut berpartisipasi dan selamat kepada sang juara!

– SAHH