5 Cryptocurrencies Terbaik

   Mata uang digital yang sudah mulai dikenal sejak 2017 terus meroket hingga tahun 2018. Banyak sekali peminat dan investor yang tertarik untuk mempelajarinya. Adanya tren naik turun di ranah mata uang digital menunjukkan perubahan tren yang sangat cepat. Berdasarkan market capitalization pada pertengahan tahun Juli 2018, ada 5 mata uang digital terbaik yang sudah tercatat, yaitu:

  1. Bitcoin

   Bitcoin sebagai mata uang digital yang pertama kali diciptakan mempunyai market capitalization sebesar USD 125 Milyar dan harga per coin yang sangat tinggi yaitu USD 7.305. Tercatat sebanyak 17.1 juta BTC beredar di pasaran. Ada beberapa pihak yang menganalisa bahwa posisi BTC akan digantikan oleh mata uang digital lainnya, namun hal ini belum berhasil terbukti sampai sekarang. Oleh karena itu, Bitcoin tercatat sebagai cryptocurrency terbaik di dunia.

  1. Ethereum

   Posisi cryptocurrency yang terbaik setelah Bitcoin adalah Ethereum yang berhasil mendorng Initial Coin Offering (ICO) sebagai token digital. Walaupun berada di posisi kedua, market capitalization Ethereum belum mencapai setengahnya Bitcoin, yaitu hanya sebesar USD 50 Milyar yang nilai dagangnya hanya USD 500 per token. Hingga Juli 2018, hanya ada 100.7 juta lebih token ETH di peredaran.

  1. Ripple

   Setelah Ethereum, ada Ripple di posisi ketiga dengan total market capitalization sebesar USD 19.8 Milyar. Harga setiap token XRP sangat kecil jika dibandingkan dengan mata uang digital sebelum dan sesudah ini, yakni lebih dari 50 sen per token, namun XRP memiliki peredaran lebih banyak yaitu lebih dari 39 Milyar token.

  1. Bitcoin Cash

   Bitcoin Cash mempunyai USD 14.5 Milyar total market capitalization dengan harga pasaran sebesar USD 843 per coin. BCH beredar hanya sebesar 17.2 juta token.

  1. EOS

Di peringkat ke-5 ada EOS dengan market cap sebesar USD 7.83 Milyar dan USD 897 juta lebih token yang beredar

 

-SAHH

*sumber: Nathan Reiff, Investopedia (www.investopedia.com)

Dituliskan kembali oleh Shinta Amalina Hazrati Havidz, Ph.D