A Day With Komatsu Astra Finance

 

  Pada tanggal 26 Oktober 2018, Binus University @Alam Sutra menerima kehadiran Komatsu Astra Finance (KAF) dalam memberikan sharing dengan judul “Maintaining The Momentum Toward Excellence in Heavy Equipment Financing Company” yang di bawakan oleh Bapak Andreas Manik selaku Vice President Director of PT Komatsu Astra FInance. Selain itu juga ada alumni Binus yang berbagi pengalaman seputar masa perkuliahan dan pengalaman kerja di Komatsu Astra Finance.

   Bapak Andreas Manik bercerita asal mula Komatsu bergabung dengan Astra International dan mempunyai segmen bisnis khusus di alat berat dimana sebagian customer Komatsu adalah perusahaan tambang batubara. Komatsu merupakan perusahaan pembiayaan alat berat tersebut atau yang sering kita kenal dengan lease atau sewa guna usaha. Lease yang ada di KAF terbagi atas financial lease dan operating lease. Perusahaan Leasing adalah perusahaan yang membantu customer dalam pengadaan barang modal yang harganya mahal, perusahaan leasing membantu customer tersebut untuk mendapatkan barang dengan perjanjian yang sudah disepakati bersama. Financial Lease adalah sewa guna usaha dimana diakhir periode customer boleh membeli asset tersebut sehingga customer mencatat asset tersebut sebagai aktiva nya sedangkan operating lease adalah sewa guna usaha biasa seperti sewa dimana customer membayar biaya sewa dan diakhir periode customer tidak perlu membeli asset tersebut sehingga customer mencatat sebagai biaya sewa di Laporan Laba Rugi.

   Ada testimonial dari alumni Binus yang bekerja di KAF, mereka bersyukur bisa mengenyam pendidikan yang baik selama di Binus, mengikuti organisasi di kampus yang sangat membantu softskill mereka setelah bekerja di KAF.

 

– KDW