Accounting Made Easy

   Pada tanggal 3 November 2018, Binus Online Learning mengadakan seminar di Internationalisasi Week  bersama Dr Elvia R Shauki dari University of South Australia.

   Dr Elvia R Shauki menjelaskan How to Read and Understand Financial Statement for Better Business Management.  Dr Shauki sharing tentang akuntansi adalah language of business dimana laporan tersebut dibaca oleh internal dan external readers. Disruptive era yang mempengaruhi pencatatan akunting dari accrual basis menjadi cash basis. Di era disruptive sekarang, tidak perlu perusahaan mempunyai modal yang banyak, memiliki asset mahal yang membutuhkan banyak modal. Siapapun yang mempunyai usaha kecil bisa menjual barang dagangannya di e-commerce. Contohnya adalah pembuat kripik singkong didesa terpencil bisa menjual kripik singkongnya sampai ke luar negri berkat jasa internet yang menghubungkan dunia maya dengan fisik. Jaman dahulu tidak mungkin seorang petani kripik singkong menjual kripiknya keluar negri, jaman dulu harus perusahaan besar yang mempunyai supply chain yang kuat yang bisa mengekspor dagangannya.

   Kemudian dijelaskan juga dua tujuan financial reporting yaitu decision usefulness dan stewardship dimana informasi yang disampaikan management menjadi berguna bagi investor dan investor mempercayai data tersebut dalam mengambil keputusan ekonomi.

 

-KDW