Fitur-Fitur Bitcoin

   Sebelumnya kita sudah membahas fitur Bitcoin sebagai uppercase (jaringan) dan lowercase (mata uang digital). Cryptocurrency yang menerapkan pengerjaan cryptographic untuk mendapatkan legitimasi dari bitcoin dengan sistem desentralisasi (tidak menggunakan perantara) juga berfungsi sebagai peer to peer (P2P) jaringan mata uang digital yang memeriksa dan memproses transaksi. Transaksi tersebut membutuhkan teknologi yang sangat tinggi

   Tidak seperti mata uang fiat lainnya yang diterbitkan oleh pemerintah pusat ataupun agen terkait, Bitcoin tidak mendapatkan bantuan dari manapun. Namun, hubungan supply dan demand layaknya mata uang fiat lainnya kita bisa mendapatkan nilai dari bitcoin berdasarkan pembuatan materialnya. Pembayaran Bitcoin sebagai jaringan menggunakan mata uang bitcoin. Oleh karena itu, Bitcoin merupakan mata uang digital secara virtual dalam database computer atau bukubesar (ledger).

   Kontrol desentralisasi dan asal-usulnya merupakan fitur kedua dari Bitcoin. Pertama kali penambangan bitcoins yaitu pada tahun 2009 dengan 10 menit pertama adanya transaksi block setelah Bitcoin network dikenal dengan nama Genesis Block. Informasi-informasi dikaitkan atau dihubungkan setelah memecahkan masalah-masalah cryptography dan hasilnya akan berbentuk block. Ketika block-block tersebut digariskan dan dirangkai Bersama, terciptalah Blockchain yang merupakan bukubesar hasil dari transaksi tersebut.

   Sebagai pelopor Bitcoin, Satoshi merasa terbebani yang pada akhirnya membuatnya menghilang dari peredaran. Hal ini dikabarkan juga karena adanya masalah kesehatan yang kurang baik ataupun adanya keinginannya untuk tidak dikenal banyak orang. Satoshi menghilang dan meninggalkan proyek pada tahun 2010. Namun, ketidakberadaanya tidak membuat komunitas Bitcoin terpuruk, justru mereka tetap melanjutkan proyek hingga sekarang. Sumber terbukanya dikenal dengan nama Bitcoin software protocol (protocol perangkat lunak Bitcoin) yang memudahkan developer lainnya tetap bisa bekerja melanjutkan proyek atau pekerjaan yang ada. Hingga saat ini, komunitas Bitcoin menjadi sangat maju. Miners (penambang) dan developers (pengembang) merupakan kunci utama Bitcoin sebagai penguasa pengubah protokol Bitcoin.

-SAHH

*sumber: David Lee Kuo Chen & Linda Low, Buku Inclusive Fintech

Dituliskan kembali oleh Shinta Amalina Hazrati Havidz, Ph.D