Negara mana saja yang akan menerapkan sistem Cashless?

   Negara China yang sudah menerapkan sistem cashless kemana-mana yang literally tiap orang tidak perlu membawa dompet melainkan HP saja sudah bisa jalan keluar rumah bahkan keluar kota di seluruh China, jangankan di China, kita melipir ke Korea Selatan saja ternyata Alipay dan Wechat Pay sudah bisa kita gunakan disana. Selain China, negara mana saja sih yang juga menerapkan cashless?

  1. Australia

   Penghilangan mesin cash dan tidak diberlakukannya lagi sistem cash (uang tunai) di seluruh cabang sudah diputuskan oleh Citibank di Australia pada bulan November 2016. Hal ini dipacu oleh kebiasaan konsumen yang sudah tidak melakukan transaksi uang tunai (cash transaction) di cabang. Hanya sebesar 4% dari keseluruhan konsumen yang masih melakukan transaksi tersebut. Penerapan sistem yang sudah mengarah ke digital banking merupakan bukti komitmen dari Citibank dan kesadaran konsumen yang juga menerapkan sistem cashless membuat satu kesinambungan satu sama lain sehingga penerapan ke arah FinTech dapat dijalani dengan mudah.

  1. Ecuador

   Selama ini yang ada dibenak kita adalah negara makmur saja yang dapat menerapkan sistem cashless, namun pernyataan ini dipatahkan oleh Ecuador yang mempunyai GDP per capita cukup kecil dibandingkan negara makmur lainnnya yaitu hanya sebesar USD 6,000. Pada tahun 2014, Ecuador melalui Bank Sentral Ecuador berhasil memperkenalkan virtual currency dan merupakan negara yang pertama kali menerapkan sistem ini. Mata uang nasional Ecuador, Sucre, sudah tidak diberlakukan sejak mereka menjadikan US Dollar sebagai mata uang mereka pada tahun 2011 dan sejak saat itu Fiat Money sudah tidak diberlakukan lagi.

  1. India

   Salah satu negara dengan jumlah populasi terbesar di dunia, India, mempunyai tujuan untuk memajukan negaranya melalui penerapan cashlessness yang dipelopori oleh Perdana Menteri India, Narendra Modi. Pelarangan penggunaan pecahan uang 500 dan 1000 rupee mulai diterapkan sejak November 2016 agar mengarahkan pedagang kecil di India untuk mengikuti zaman yang sudah serba digital. Hal ini diterapkan oleh Bank Sentral India atas permintaan Perdana Menteri India, Modi.

  1. Kenya

   Kalau China punya Alipay dan Wechat Pay sebagai mobile payment system, Kenya punya m-Pesa yang diciptakan oleh British Telecom Company Vodafone Group (VOD) sejak tahun 2007. Sebanyak 59% masyarakat Kenya sudah menggunakan m-Pesa dengan memiliki pengguna aktif mobile money sebesar 12.5 juta dari 26.2 juta pemilik akun.

            Selain keempat negara tersebut, ada Belgia yang sudah meng-illegal kan penggunaan cash untuk membeli perumahan. Singapura yang sudah mengadopsi peraturan “Sorry, no cash”. Korea Selatan yang berencana untuk menerapkan cashless paling cepat pada tahun 2020 dan juga Swedia yang sudah menerapkan pembelian tiket subway (kereta bawah tanah) dan bus tanpa menggunakan cash.

 

-SAHH

*sumber: Investopedia