Pengetahuan Dasar Cryptocurrency dan Bitcoin

   Cryptocurrency yang belakangan ini menjadi topik pembicaraan dimana-mana, namun tidak semua yang membicarakan hal ini mempunyai pengetahuan dan mengerti fungsinya. Walaupun dengan pengetahuan yang terbatas, masih ada investor yang berani berinvestasi. Aplikasi yang cukup sering digunakan adalah RobinHood dan exchanges seperti CoinBase untuk melakukan transaksi pada beberapa mata uang digital seperti bitcoin dan ether. Proses transaksi mata uang digital ini sebenarnya memusingkan, namun cukup mudah dengan hanya menunjuk dan meng-klik. Broker dan perbankan terkadang mengambil keuntungan dari transaksi ini dengan cara menguangkannya.

   Topik ini merupakan pelajaran baru dan tidak banyak yang menguasai hal ini. Ada yang memperdalam dan mempelajarinya, ada yang menjadi kaya ketika tahu cara melakukan transaksi cryptocurrencies, namun banyak pula yang tetap melakukan transaksi dengan keterbatasan pengetahuan sehingga mereka juga menjadi rugi. Grafik cryptocurrencies ini bersifat fluktuatif dan volatile sehingga diperlukannya analisa yang cukup mendalam ketika ingin melakukan transaksi. Hal ini dibuktikan dengan kenaikan harga Bitcoin yang sangat signifikan pada tahun 2017 yaitu sebesar 2000% sebesar USD 20,000 dan jatuh dengan sangat signifikan pula pada awal tahun 2018 sebesar 50%. Pada bulan September, Bitcoin hanya diperdagangkan sebesar USD 6,000.

   Sifat yang tidak menentu, tidak dilindungi oleh peraturan, dan pelaku yang tidak baik dimana-mana merupakan hal-hal yang perlu diperhitungkan ketika ingin melakukan transaksi cryptocurrencies. Perusahaan-perusahaan yang ada terpaut oleh peraturan ketika ingin melakukan IPO, sedangkan hal ini cukup mudah untuk cryptocurrencies ketika ingin meluncurkan sebuah Initial Coin Offering (ICO) karena tidak adanya peraturan yang mengatur. Hal ini yang memicu lahirnya investasi yang tidak sehat dan perusahaan yang tidak dapat dipercaya. Maka dari itu, kita sendiri perlu mengetahui standar keuangan, akuntansi, dan etika. Jadi sebenarnya apa sih cryptocurrency, Bitcoin dan mata uang digital lainnya? Yuk kita baca artikel berikutnya!

 

-SAHH

 

*sumber: CNN Business

Dituliskan kembali oleh Shinta Amalina Hazrati Havidz, Ph.D