Indonesia sebagai “Mobile-First Country”

Ada 4 negara yang dikategorikan “Asia’s Tiger” yaitu Hong Kong, Singapura, Korea Selatan, dan Taiwan dikarenakan pertumbuhan industrialisasinya yang sangat pesat. Selain itu, ke-empat negara ini juga memiliki perkembangan perdagangan, dan keuangan yang sangat pesat sehingga membuat mereka termasuk dalam negara dengan pertumbuhan ketahanan yang sangat baik. Hong Kong dan Singapura adalah pusat keuangan dunia (world-leading financial hubs), sedangkan Korea Selatan dan Taiwan terkenal dengan negara yang memproduksi industri kesenian (state of the art manufacturing industries).

Transformasi juga terjadi di Asia Tenggara dengan mengedepankan mobile economy, yaitu Indonesia. Indonesia sebagai negara populasi terbesar ke-4 di dunia dengan penduduk lebih dari 265 juta orang menjadi sasaran banyak negara untuk melakukan kerjasama dan merupakan pasar yang sangat berpotensial. Beberapa fakta tentang Indonesia sebagai negara mobile adalah:

  • Indonesia merupakan negara dengan jumlah generasi muda yang cukup banyak, yaitu dengan rata-rata umur 29 tahun dan terdapat sebanyak 60% dari populasi yang usianya dibawah 40 tahun
  • Indonesia dikategorikan sebagai “mobile-first country” dengan 150 juta pengguna internet dan 95% atau 142 juta merupakan pengguna mobile
  • 60% orang dewasa di Indonesia sudah punya smartphone

Ketiga faktor di atas membuktikan bahwa Indonesia adalah negara dengan populasi generasi muda terbesar. Indonesia juga dikenal dengan istilah “mobile savvy digital natives” yang artinya penduduk Indonesia merupakan pengguna asli digital untuk kategori mobile. Dengan kata lain, penduduk Indonesia terlahir sebagai pengguna mobile dan dapat mengerti dengan sangat mudah untuk neggunakan produk dan jasa digital. Hal ini juga didukung dengan penggunaan media sosial oleh penduduk Indonesia yang melebihi rata-rata global dengan mencapai 206 menit per hari, sedangkan rata-rata global hanya 124 menit. Indonesia juga merupakan negara dengan penggunaan mobile e-commerce tertinggi di dunia yang melakukan pembelian melalui handphone nya sebesar 76%. Hal ini membuktikan bahwa Indonesia merupakan “Mobile-first country” dan akan menjadi “The new tiger of Southeast Asia”.

*source: Elad Natanson: https://www.forbes.com/

Rewrite by Shinta Amalina. H. Havidz