PELATIHAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT DI DESA SELIU, BELITUNG

Program pengabdian kepada masyarakat bukan hanya menjadi kewajiban seorang dosen, namun juga sudah mulai digalakkan oleh kalangan masyarakat yang berinisiasi untuk melaksanakan kegiatan ini. Salah satunya adalah NGO baru yang bernama INSPIRE (INDONESIAN SHARING PROGRAM AND INNOVATION FOR ENLIGHTENMENT). INSPIRE memberikan program pelatihan dan pengabdian kepada delegasi terpilih, baik secara self-funded maupun fully funded yang pemilihannya melalui beberapa proses yang cukup ketat. Inisiator dari INSPIRE adalah M. Hanif Ibrahim yang sangat aktif untuk kegiatan akademik dan non-akademiknya dan merupakan lulusan hukum UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta.

Mas Hanif mempercayakan posisi Brand Ambassador INSPIRE kepada Miss. Shinta Amalina yang merupakan dosen Finance Program BINUS. Program pelatihan dan pengabdian ini dilaksanakan pada tanggal 9-15 Agustus 2019 di Desa Seliu, Belitung. Ka Shinta, panggilan akrabnya selama kegiatan, memberikan pelatihan kepemimpinan dengan tema “Leadership Values towards the Innovation of Digital Finance”. Pelatihan kepemimpinan ini membantu para delegasi untuk mengetahui tentang dirinya sendiri. Memahami apa yang menjadi passion dan tujuan hidupnya agar mereka dapat mewujudkan mimpi-mimpinya.

Mimpi-mimpi mereka ini harus dalam bentuk nyata dimana mereka memberikan kontribusi kepada warga desa agar dapat membagikan pengetahuannya tentang teknologi 4.0. Desa Seliu mempunyai potensi yang sangat besar dikarenakan letaknya di daerah pesisir yang dapat menciptakan produk-produk menarik sebagai hasil UMKM mereka. Selain itu, akses peminjaman ke bank yang cukup sulit kepada warga desa sudah bisa diatasi dengan Peer to Peer Lending yang cukup marak di Indonesia dan kemungkinan hal ini belum diketahui oleh warga desa. Maka dari itu, para delegasi diharapkan mempunyai pengetahuan ini agar dapat membagikan ilmu dan pengalamannya kepada masyarakat desa.

SAHH