DAMPAK VIRUS CORONA TERHADAP PERGERAKAN HARGA SAHAM YANG TURUN DRASTIS

Pada tahun ini, banyak peristiwa di luar dugaan kita yang terjadi dan berdampak pada pergerakan pasar saham Indonesia yang turun drastis. Peristiwa yang paling sering kita dengar yaitu penyebaran Virus Corona, atau yang lebih dikenal sebagai COVID-19.  Virus ini sendiri sudah menyebar ke hampir seluruh dunia dan menginfeksi kurang lebih sebanyak 700.000 orang di seluruh dunia (WHO, 31 Maret 2020). Di Indonesia, sudah ada lebih dari 1.000 orang yang terjangkit virus ini, dengan jumlah kematian sebanyak 122 orang per tanggal 30 Maret 2020. Virus ini sangat berbahaya dan dapat menjangkit orang – orang yang kekebalan tubuh atau imunnya kurang kuat.

Selain menyebabkan jumlah kematian yang cukup besar, Virus Corona juga membuat perekonomian dunia menjadi tidak stabil yang menyebabkan pasar saham di seluruh dunia juga menjadi hancur. Sampai saat ini, pasar saham Indonesia sudah mengalami penurunan sebanyak 13,44%. Minggu lalu, tepatnya tanggal 27 Maret, pasar saham Indonesia mengalami kenaikan cukup signifikan ditengah – tengah wabah COVID-19 ini. Hal ini disebabkan karena Presiden Amerika yaitu Donald Trump menandatangani paket stimulus terbesar dalam sejarah Amerika yang berjumlah sebesar 2 Triliun US Dollar. Meskipun terjadi kenaikan, namun hal ini hanya berlaku sementara dan COVID-19 belum sepenuh hilang dari muka bumi ini, sehingga kemungkinan besar pasar saham Indonesia masih akan mengalami penurunan.

EAT

Source :

  • https://pasardana.id/news/2020/3/30/analis-market-3032020-ihsg-berpeluang-bergerak-melemah-dan-ditradingkan-pada-level-4357-4716/
  • https://www.who.int/emergencies/diseases/novel-coronavirus-2019
  • https://finance.detik.com/bursa-dan-valas/d-4923057/corona-bikin-bursa-saham-anjlok-investor-jangan-panik