PELUANG BISNIS DI TENGAH MEWABAHNYA COVID-19

Mewabahnya COVID-19 mempengaruhi perekonomian di seluruh dunia secara signifikan, tak terkecuali di Indonesia. Bahkan dibeberapa negara, pertumbuhan ekonominya diprediksi mencapai nilai di bawah nol atau minus (Kontan.co.id, 2020). Meskipun hal itu sangat mungkin terjadi, namun prediksi pertumbuhan ekonomi di Indonesia dan 2 negara lain di Asia, yaitu Tiongkok dan India, akan tetap dalam nilai positif (Kontan.co.id, 2020). Pemerintah Indonesia sendiri membuat 2 jenis skenario pertumbuhan ekonomi, yaitu skenario berat yang mencapai kisaran 2% dan skenario sangat berat yang mencapai nilai – 0,4% dengan nilai tukar Rupiah terhadap Dollar AS mencapai Rp 20.000 (Kontan.co.id, 2020). Untuk mencegah terjadinya skenario sangat berat tersebut, pemerintah juga melakukan beberapa upaya yang dapat menjaga pertumbuhuhan ekonomi.

Dewasanya, pertumbuhan ekonomi ini juga dapat dilihat dari pertumbuhan sektor – sektor bisnis di suatu negara. Di Indonesia, kita dapat melihat sejumlah bisnis yang tidak dapat berjalan karena adanya kebijakan pemerintah untuk melakukan social distancing. Namun, masih ada beberapa sektor bisnis yang tumbuh, yaitu sektor medis, e-commerce, dan fast moving customer goods atau FMCG (Kontan.co.id, 2020). Beberapa produk mengalami permintaan yang meningkat, seperti tisu, minyak goreng, sabun cair, vitamin, dan produk – produk kesehatan lainnya (Kontan.co.id, 2020). Masyarakat pun mulai melakukan pembelian secara online atau melalui e-commerce karena tidak ingin keluar rumah dan menghindari kemungkinan untuk melakukan kontak fisik dengan orang lain. Tidak hanya produk kesehatan atau keperluan rumah tangga yang dijual secara online, bisnis – bisnis FMCG pun sekarang mulai berlomba – lomba untuk menghadirkan layanan penjualan online.

Menurut saya, pelayanan online sangat memudahkan masyarakat didalam situasi seperti ini. Masyarakat dapat memenuhi kebutuhan sehari – hari dan membeli produk – produk makanan, kesehatan, dan lainnya dengan sangat mudah. Namun, masyarakat juga harus lebih bersikap tidak konsumtif agar setiap produk memiliki stok yang cukup dan mampu mencukupi permintaan masyarakat.

Sehingga peluang bisnis yang dapat diambil berada pada sektor medis, e-commerce atau FMCG dengan barang berupa sabun cair, tisu, dan vitamin yang dilakukan secara online

EAT

Source :

https://industri.kontan.co.id/news/masih-ada-harapan-dan-peluang-bisnis-di-tengah-krisis-corona

https://industri.kontan.co.id/news/sektor-bisnis-medis-e-commerce-dan-fmcg-masih-tumbuh-di-tengah-pandemi-corona