Potential AI Use Cases in Financial Industry

Pada tanggal 13 Oktober 2020 penulis mengikuti webinar yang diselenggarakan oleh InfoBank dengan pembicara bapak Dedi Widharwanto. Dalam Webinar ini pak Dedi membahas penggunaan Artificial Intellegent (AI) dalam dunia keuangan. Banyak hal yang bisa menggunakan bantuan AI supaya data lebih akurat dan cepat karena AI ini semacam otak manusia yang diprogram untuk memberikan laporan. Misalnya adalah robochat, dengan menggunakan internet dan akses via smart phone atau computer maka nasabah dapat chat atau tanya jawab dengan robot, dapat dilakukan kapan saja asal terhubung internet. Fungsi robochat banyak menggantikan customer service. Tentunya bantuan yang diperlukan bersifat umum. Bila ada kepentingan khusus maka customer tetap harus datang ke bank, tetapi setidaknya robochat sudah membantu banyak di bagian umum, nasabah tidak perlu mengantri bila membutuhkan bantuan dari customer service.  Ada juga service advisory yang diberikan oleh AI untuk menentukan service yang akan diambil misalnya lama deposito yang akan diambil, jenis asuransi yang harus diambil. AI tersebut akan menganalisa data kita dan memberikan rekomendasi yang sesuai dengan kondisi kita. Tetap saja kita sebagai manusia yang membuat keputusan akhir.

KDW