Alasan Mengambil Ujian CFA

Tentunya alasan mengambil ujian CFA dan lulus sampai dengan mendapatkan gelar professional ini bermacam-macam bergantung kebutuhan individu. Namun secara garis besar, alasan untuk menjadi CFA charterholder adalah:

  1. Prospek kerja dan karir yang lebih baik.

CFA charterholder memiliki advantage dengan keahlian yang ditunjukkan dalam manajemen investasi dan analisis keuangan sehingga perusahaan akan memberikan career-booster dan posisi karir yang baik (promotions), terutama pada tipe pekerjaan seperti research analyst, portfolio manager, financial strategist, dan investment banker. Selain itu gelar ini bermanfaat juga dalam leadership role perusahaan.

  1. Meningkatkan kredibilitas.

Menurut Wall Street, CFA charterholder menjadi standar kualifikasi pekerjaan khususnya di bidang investasi dan diakui secara global. Selain itu bisa menjadi sinyal bahwa CFA charterholder mempunyai etos kerja dan ethic yang baik dikarenakan untuk mendapatan gelar ini dibutuhkan komitmen waktu, tenaga, dedikasi, dan kemampuan analitis.

  1. Great Resume/CV.

Khususnya untuk mahasiswa tingkat akhir, CFA dapat menjadi nilai tambah dalam CV terutama dalam mencari pekerjaan dan karir bidang keuangan dan investasi.

  1. Perluasan Networking.

Dengan mendapatkan gelar CFA, kita dapat bergabung dengan CFA societies dimana ada lebih dari 150 komunitas di seluruh dunia yang di dalamnya terdapat world offering jobs dan professional development events.

  1. Peluang kompensasi/salary yang besar.

Berdasarkan riset dari CFA Institute 2019, median compensation untuk U.S. charterholders berkisar USD193,000 (dan USD480,000 untuk senior executives).