Penelitian ilmiah (Scholarly Journals) terkait CFA

Terdapat beberapa penelitian ilmiah terkait keunggulan memiliki sertifikat CFA. Shukla dan Sandeep (1994) dalam artikel berjudul “Are CFA Charterholders Better Equity Fund Managers?” melakukan riset terhadap equity mutual funds dengan tujuan untuk melihat apakah kinerja saham atau dana yang dikelola oleh CFA charterholder mempunyai hasil yang lebih baik dari yang tidak. Mereka menyimpulkan bahwa portofolio yang dikelola paling tidak satu CFA charterholder lebih berisiko namum terdiversifikasi dengan lebih baik.

Penelitian lainnya, Brockman dan Brooks (1998), menyatakan bahwa CFA designation memberikan nilai lebih pada pasar saham, kepada investor, dan market secara keseluruhan. Hubungan positif antara investor dan CFA funding manager terlihat dalam tingkat kepercayaan dalam hal advisory, guidance, dan trust.

Masih dalam topik yang sama, De Franco dan Zhou (2009), melakukan riset terhadap kinerja sell-side equity analysts dengan dan tanpa CFA. CFA charterholder menghasilkan forecasting yang lebih tepat. Mereka juga melihat bahwa kinerja portofolio yang dihasilkan lebih baik setelah analis mengikuti program dan mendapatkan gelar CFA.

Grieb et.al., (2021) juga menyimpulkan bahwa universitas yang terakreditasi oleh AACSB mendapat keunggulan lebih ketika program universitas terafiliasi dengan CFA Institute, dimana faculty member yang mempunyai gelar CFA meningkat seiring lamanya program tersebut terafiliasi. Hal ini juga memberikan manfaat terhadap mahasiswa melalui kurikulum yang ditawarkan.

Sumber:

Shukla, R., & Singh, S. (1994). Are CFA charterholders better equity fund managers?. Financial Analysts Journal, 50(6), 68-74.

Brockman, C. M., & Brooks, R. (1998). The CFA charter: Adding value to the market. Financial Analysts Journal, 54(6), 81-85.

De Franco, G., & Zhou, Y. (2009). The Performance of Analysts with a CFA® Designation: The Role of Human‐Capital and Signaling Theories. The Accounting Review, 84(2), 383-404.

Grieb, T., Noguera, M., & Trejo-Pech, C. (2021). The chartered financial analyst university affiliation program: Explicit and implicit benefits. Journal of Education for Business, 1-9.