Perbedaan CFA, CFP, dan MBA

Certified Financial Planner (CFP) merupakan gelar professional yang sering disandingkan dengan CFA. Perbedaan dari kedua gelar professional ini adalah CFP lebih fokus kepada individu untuk mencapai tujuan keuangannya dalam jangka pendek dan jangka panjang. CFP berorientasi pada pengelolaan portofolio investasi untuk individual client. Sedangkan cakupan CFA lebih kepada skala yang lebih besar, high-level investment management dan complex equity investing strategies.

Sedangkan gelar akademis MBA juga sering dibandingkan dengan CFA, dimana kedua gelar ini sangat diincar oleh perusahaan. Untuk mendapatkan gelar CFA, waktu yang dihabiskan lebih lama dari program MBA. Biasanya lebih dari dua tahun, sedangkan untuk masuk program master MBA, hanya dibutuhkan 2 sampai 3 tahun. Namun dari segi biaya terdapat gap yang sangat besar dimana MBA program jauh lebih mahal dari CFA (dengan asumsi retake exams hanya beberapa kali). Menurut survey, kurang dari 20% kandidat lulus langsung dalam tiga level ujian CFA.

Pilihan bergantung pada tujuan karir setiap individu, dimana CFA lebih menitikberatkan skill dalam analisis investasi, strategi portofolio, dan alokasi aset. Sedangkan program MBA sifatnya lebih general.