Sekilas mengenai Chartered Financial Analyst (CFA)

Pertama kali dimulai pada tahun 1963 oleh CFA Institute di Amerika Serikat. CFA adalah gelar professional dalam keuangan khususnya investasi dan wealth management. Program CFA berkaitan erat dengan teori dan praktik manajemen keuangan, beserta standar etika dan profesionalisme. Dengan gelar CFA, kompetensi pemegang sertifikasi ini diakui secara internasional.

Untuk mendapatkan gelar CFA, kandidat harus mengikuti 3 (tiga) tahap tes yaitu CFA level 1, 2, dan 3 dengan kompleksitas dan tingkat kesulitan yang meningkat tiap levelnya. Rata-rata waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan program CFA dan lulus ketiga tingkat ujian tersebut adalah dua sampai lima tahun, dengan total waktu belajar yang diperlukan sekitar 900 jam. Saat ini, exam windows untuk semua CFA level tersedia sepanjang tahun, namun terdapat jarak minimal enam bulan antara kedua ujian yang diambil.

Berdasarkan data dari CFA® Institute, ada lebih dari 170.000 CFA charterholder di seluruh dunia.

Persyaratan untuk menjadi Chartered Financial Analyst (CFA) Charterholder

Kandidat merupakan lulusan universitas (semua jurusan) dan memiliki gelar sarjana atau gelar dari program akademik yang setara atau kurang dari 11 bulan sebelum kelulusan jika masih dalam studi. Atau persyaratan professional lainnya seperti minimal pengalaman kerja di bidang investasi atau industri keuangan selama empat tahun atau 4.000 jam pengalaman kerja. Selain itu kandidat harus mematuhi Kode Etik dan Standar Perilaku Profesional dari CFA Institute dan menjadi member CFA Institute society.

Sumber: CFA Institute