Bitcoin menua, Ethereum mengungguli

Bitcoin menua, Ethereum mengungguli.

Ethereum selalu menduduki posisi dua teratas di pasar crypto, setelah Bitcoin, mempunyai popularitas yang terus memuncak. Popularitas ini semakin meningkat sejak adanya Ethereum 2.0 dan diprediksi akan mengalahkan Bitcoin nantinya. Sebuah artikel mengatakan bahwa Bitcoin dijuluki “The grandfather of cryptocurrencies” yang artinya Bitcoin sudah mulai menua. Walaupun Bitcoin masih memimpin di pasar crypto, secara kapitalisasi pasar menunjukkan tren penurunan dikarenakan makin banyak bermunculan cryptocurrency yang baru. Hal ini berbanding terbalik dengan Ethereum yang terus menunjukkan uptrend. Downtrend Bitcoin ini juga dikarenakan masalah Bitcoin yang cukup sulit untuk scale up, namun dapat teratasi oleh Ethereum dengan menerapkan smart contract dan blockchain coding agar dapat melakukan transaksi yang lebih luas dan masif.

Ditulis oleh: By Shinta Amalina. H. Havidz

Sumber:

Dennis, R., & Disso, J. P. (2019). An Analysis into the Scalability of Bitcoin and Ethereum. In X.-S. Yang, S. Sherratt, N. Dey, & A. Joshi (Eds.), Third International Congress on Information and Communication Technology (pp. 619–627). Springer Singapore.

Cortes-Goicoechea, M., Franceschini, L., & Bautista-Gomez, L. (2020). Resource Analysis of Ethereum 2.0 Clients. http://arxiv.org/abs/2012.14718