Peningkatan Jumlah Vaksinasi Mendorong Konsumsi Indonesia

Masyarakat Indonesia mulai terbiasa dengan pola hidup new normal selama pandemi COVID-19. Kepercayaan konsumen dan tingkat pengeluaran mulai pulih dimana hal ini juga diakselerasi oleh peningkatan vaksinasi, sehingga pemerintah mulai melonggarkan pembatasan kegiatan.

Tingkat vaksinasi yang meningkat sangat membantu pemulihan mobilitas. Lebih dari setengah populasi Indonesia (58%) telah divaksinasi penuh pada Maret 2022, selain itu herd immunity juga lebih terbentuk lagi karena dimulainya vaksin booster pada pertengahan Januari 2022.

Source: https://ourworldindata.org/

Pemerintah juga bertujuan mengurangi stimulus fiskal sehingga konsumsi Indonesia kemungkinan besar bergantung pada pengeluaran swasta. Beberapa lembaga pemeringkat utang juga diperkirakan akan menaikkan rating karena outlook yang stabil pada awal tahun 2022. Akan tetapi, harga minyak dan pangan internasional menyumbang angka inflasi awal tahun ini sehingga dapat memperlambat pertumbuhan. Namun demikian, pemerintah telah merencanakan bantuan tunai langsung kepada masyarakat terdampak naiknya harga minyak sawit.  (CA)