Mahasiswi Finance Program Binus University Terpilih Terbaik 1 Duta Bahasa Prov Banten 2022

Selamat kepada Grisherra  Valeryandra (Mahasiswa Finance Program – BINUS University) terpilih sebagai Terbaik 1 Putri Duta Bahasa Provinsi Banten 2022.

Grisherra akan mewakili Provinsi Banten pada pemilihan Duta Bahasa tingkat Nasional.

Prestasi ini diperoleh Grisherra dengan melewati beberapa tahap dengan sangat baik. Grisherra terlebih dahulu mengikuti seleksi internal di Binus University. Seleksi internal tersebut  dimulai dari proses seleksi administrasi, tahap semifinal, dan tahap final. Beberapa kriteria yang harus dipenuhi ditahap awal yaitu mampu berbahasa Indonesia, Bahasa daerah dan Bahasa asing. Peserta juga harus membuat esai dengan tema “Inovasi Duta Bahasa dalam Pengembangan dan Pemertahanan Bahasa dan Sastra”. Melalui proses seleksi terpilih 35 Semifinalis Duta Bahasa Binus 2022. Pada tahap Semifinalis terpilih sebanyak 23 Finalis untuk mengikuti rangkaian proses seleksi menuju Grandfinal Duta Bahasa. Penilaian dibabak Final Duta Bahasa Binus 2022 terdiri dari berbagai aspek, seperti Kampanye Bahasa melalui Reels Instagram, Prestasi Krida bertemakan “Inovasi Duta Bahasa dalam Pengembangan dan Pemertahanan Bahasa dan Sastra”, Wawancara kebahasaan dan kepribadian, serta video penampilan minat dan bakat. Setelah melewati beberapa rangkaian proses seleksi Duta Bahasa BINUS yang diselenggarakan oleh Language Center (LC) – Fakultas Humaniora, para pemenang melanjutkan pada proses pemilihan Duta Bahasa tingkat Provinsi.

Empat Binusian BINUS @Alam Sutera (termasuk Grisherra) dikirim untuk mengikuti Pemilihan Duta Bahasa Banten 2022. Tak berhenti sampai disana, empat Binusian tersebut kembali berjuang untuk terpilih menjadi Duta Bahasa tingkat provinsi Banten. Dari 130 peserta, Binus lolos menjadi 60 semifinalis, 30 finalis, 10 grandfinalis hingga akhirnya meraih Terbaik 1.

Betapa perjalanan panjang yang harus diapresiasi!

Sukses selalu untuk Grisherra!

Jika ingin melihat puncak pemilihan Duta Bahasa Provinsi Banten Tahun 2022, silakan klik tautan berikut: https://www.youtube.com/watch?v=CcJQy4pLuzU.

Pemilihan Duta Bahasa merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Badan Bahasa, Kemendikbud RI. Ajang bergensi tingkat nasional ini menjadi sarana mahasiswa sebagai anak muda yang peduli dan cinta Bahasa Indonesia. (TL)