Bagaimana Perusahaan Membiayai Aktifitasnya?

Finance manager harus mengerti bagaimana perusahaan membiayai aktifitasnya. Apakah mengeluarkan saham baru? Apakah membuat pinjaman bank baru? Ataukah reinvesting cash flow operation? Ataukah dengan menjual fixed assets yang sudah tidak dipakai lagi?

Ada 3 hal yang dapat diperhatikan mengenai bagaimana perusahaan akan membiayai aktifitasnya.

  1. Pembiayaan dengan mengeluarkan saham baru? Harus jelas uang hasil dari penjualan saham baru ini akan digunakan untuk apa, misalnya untuk membeli CAPEX, untuk membayar existing hutang? Ataukah untuk membeli saham tresuri?
  2. Membuat loan baru. Hal yang harus diperhatikan uang yang di dapat dari loan baru akan digunakan untuk apa, apakah untuk membayar existing loan yang mungkin interest-nya mahal? Atau untuk berinvestasi? Harus dipastikan loan yang baru ini akan membuat perusahaan berkembang lebih baik lagi, tanpa membebani struktur debt dan equity nya.

Dividend policy sangat penting karena dividen yang dibayarkan berhubungan erat dengan strategi perusahaan. Pada saat membayar dividen perusahaan mengeluarkan sejumlah kas yang mana kas juga diperlukan untuk membiayai aktifitasnya. (KDW)