Teaching Series 1 – Derivatives

Derivatives Market mengacu pada pasar keuangan seperti kontrak berjangka atau opsi yang berdasarkan nilai aset dasarnya. Derivatives menjadi semakin penting dalam dunia keuangan dan investasi dengan tujuan utama sebagai hedging (lindung nilai). Profesional bidang keuangan penting untuk memahami bagaimana pasar ini bekerja, bagaimana mereka dapat digunakan, dan apa yang menentukan harga di dalamnya. Market participant menggunakan derivatif untuk mengakses pasar tertentu dan memperdagangkan aset yang berbeda. Biasanya, derivatif dianggap sebagai bentuk investasi lanjutan.

Aset dasar yang paling umum untuk derivatif adalah saham, obligasi, komoditas, mata uang, suku bunga, dan indeks pasar. Nilai kontrak tergantung pada perubahan harga aset yang mendasarinya. Futures merupakan kontrak standar yang memungkinkan pemegang kontrak untuk membeli atau menjual aset dasar masing-masing dengan harga yang disepakati pada tanggal tertentu. Para pihak yang terlibat dalam kontrak berjangka tidak hanya memiliki hak tetapi juga berada di bawah kewajiban, untuk melaksanakan kontrak sesuai kesepakatan. Kontrak distandarisasi, yang berarti mereka diperdagangkan di exchange market.

Futures contract adalah perjanjian untuk membeli atau menjual aset pada waktu tertentu di masa depan dengan harga tertentu. Ada banyak bursa di seluruh dunia yang memperdagangkan kontrak berjangka. Seperti contoh nya dalam kontrak berjangka Pada tahun 2010, Chicago Mercantile Exchange menciptakan sebuah kontrak berjangka keju yang dilakukan dengan menyelesaikan secara tunai. Pembayaran tunai yang berarti kontrak diselesaikan dengan uang, bukan keju dalam jumlah besar.

Options adalah kontrak derivatif keuangan yang memberi pembeli hak, tetapi bukan kewajiban, untuk membeli atau menjual aset dasar pada harga tertentu (disebut sebagai harga kesepakatan) selama periode waktu tertentu. Options diperdagangkan baik di bursa maupun di pasar over-the counter. Ada dua jenis opsi: calls and puts. Call Option memberi pemegang hak untuk membeli aset pada tanggal tertentu dengan harga tertentu. Put Option memberi pemegang hak untuk menjual aset pada tanggal tertentu dengan harga tertentu.

Terdapat 3 kategori partisipan dalam Derivative Market, diantaranya:

  1. Hedgers Atau bisa juga disebut dengan Lindung Nilai adalah pedagang yang mencoba melindungi dirinya dari risiko atau ketidakpastian yang terlibat dalam pergerakan harga dengan memasuki perdagangan yang berlawanan dan memberikan risiko kepada mereka yang tertarik untuk menanggung hal yang sama.
  2. Speculators Mereka adalah orang-orang pencari pasar yang memiliki risiko tinggi yang mengantisipasi pergerakan harga dimasa depan dengan harapan mendapatkan keuntungan besar dan cepat. Motif disini adalah untuk mengambil keuntungan maksimal dari fluktuasi harga.
  3. Arbitrase Adalah perdagangan berisiko rendah yang melibatkan pembelian sekuritas di satu pasar dan secara bersamaan menjualnya di pasar lain. Ini terjadi ketika sekuritas yang sama diperdagangkan pada harga yang berbeda di dua pasar yang berbeda.
Citra Amanda