Training of Trainers of Dosen Kebanksentralan 2022

Bank Indonesia melalui BI Institute (BINS) mengadakan kerjasama dengan perguruan tinggi di Indonesia yang mencakup Tri Dharma perguruan tinggi. Salah satunya adalah implementasi mata kuliah (MK) Kebanksentralan dalam kurikulum pembelajaran di perguruan tinggi. Selama kegiatan tanggal 13-16 Juli 2022, BINS memberikan penjelasan mengenai pengetahuan dan pemahaman mengenai teori, konsep, praktik bank sentral dalam perekonomian yang telah dan akan diimplementasikan dalam universitas yang mempunyai program studi Ilmu Ekonomi dan non Ilmu Ekonomi.

Dalam penyusunan Mata Kuliah Kebanksentralan, BINS telah mengembangkan standarisasi kurikulum dan bahan ajar yang dapat diakses melalui Situs Pengelolaan Edukasi Kebanksentralan Online (SPEKTRO). Untuk School of Accounting BINUS University telah menugaskan dosen Citra Amanda., Ph.D

Acara ToT berlangsung dimulai dari G20 side event Flagship Policy Mix dan Digital Finance to Support Financial Inclusion dilanjutkan dengan Digital Currencies in Bank Indonesia. Selanjutnya diikuti dengan Big Data Initiatives in Bank Indonesia. Setelah itu terdapat sesi khusus untuk penyampaian evaluasi kerja sama kebanksentralan dan implementasi di kampus UNSRI, UNPAD dan UNHAS. Kemudian dilanjutkan topik khusus dengan Koordinator Kampus Merdeka dimana BINUS diwakili oleh Wakil Rektor Prof. Dr. Meyliana. Topik-topik yang dibahas adalah Implementasi MBKM di Bank Indonesia (termasuk KMBI, praktisi mengajar, dan program lainnya). Setelah itu peran dosen dalam implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka dan pengembangan kurikulum dengan industri.

Sesi selanjutnya adalah arah pengembangan mata kuliah kebanksentralan dan empowerment dosen pengampu MK Kebanksentralan, pengembangan materi mata kuliah, dan co-creation mata kuliah dalam program praktisi mengajar. Selanjutnya pembahasan frugal innovation in Higher Education, strategi pembangunan berkelanjutan dan transisi energi yang mendukung pembangunan berkelanjutan.

Citra Amanda