1st Runner Up 2023 Tanoto Future Leaders Business Acumen Program

1st Runner Up 2023 Tanoto Future Leaders Business Acumen Program

Finance program: student Valerie Devina Wibowo

 

Valerie Devina Wibowo, mahasiswa Jurusan Finance angkatan BINUSIAN 26, mendapatkan posisi sebagai 1st Runner Up dalam Tanoto Future Leaders Business Acumen Program 2023 yang diselenggarakan oleh Tanoto Foundation dan ANGIN (Angel Investment Network Indonesia) dari total 350 lebih pendaftar. Kompetisi ini bertujuan untuk mencetak pemimpin masa depan dalam ekosistem wirausaha Indonesia, dengan fokus pada mahasiswa dari seluruh Indonesia yang bercita-cita menjadi wirausahawan atau pemimpin startup.

Dalam Tanoto Future Leaders Business Acumen Program (FLBAP), Valerie Devina Wibowo dan timnya berhasil memperoleh penghargaan sebagai ide bisnis kedua terbaik yang akan mendapatkan dana dari para investor. Ide bisnis yang diusung oleh tim Valerie adalah WARM, sebuah Super App yang menawarkan inovasi, pengalaman berbeda, berupa teknologi, psikologi, dan desain dengan memperhatikan nilai-nilai keluarga dan lokal untuk mencapai penetrasi pasar yang luas.

Melalui program ini, Valerie dan timnya terlibat dalam serangkaian kegiatan yang dirancang untuk mengembangkan pemahaman mereka tentang berbagai aspek penting dalam membangun dan mengelola startup. Mereka diberikan pelatihan intensif dalam bidang bisnis, pemahaman pasar, analisis keuangan, pengembangan produk, dan presentasi yang efektif. Selain itu, mereka juga memiliki kesempatan untuk berinteraksi dengan para mentor dan praktisi terkemuka di industri, yang memberikan wawasan berharga dan nasihat yang berguna.

Melalui keseluruhan program dan kompetisi ini, Valerie Devina Wibowo dapat menarik beberapa pelajaran berharga yang akan membantunya dalam perjalanan karirnya sebagai seorang wirausahawan. Berikut adalah rangkuman dari beberapa pelajaran utama yang dia pelajari:

  • Inovasi dan Diferensiasi: Program ini mengajarkan Valerie pentingnya inovasi dan menciptakan perbedaan yang unik dalam produk atau layanan yang ditawarkan. Penggabungan teknologi, psikologi, dan desain dalam ide bisnis WARM adalah contoh nyata bagaimana diferensiasi dapat menciptakan keunggulan kompetitif.
  • Analisis Pasar dan Keuangan: Valerie diberikan pengetahuan dan keterampilan untuk menganalisis pasar potensial dan mengidentifikasi peluang bisnis yang menguntungkan. Selain itu, pemahaman yang diperoleh dalam analisis keuangan membantu Valerie dalam menyusun rencana bisnis yang solid dan dapat menarik minat investor.
  • Kemampuan Berpresentasi: Melalui program ini, Valerie memperoleh pelatihan intensif dalam kemampuan berkomunikasi dan presentasi yang efektif. Kemampuan ini akan membantu dia dalam mengkomunikasikan ide bisnisnya dengan jelas dan meyakinkan, baik kepada calon investor maupun pelanggan potensial.
Citra Amanda