Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia (FEKDI) 2023 Bank Indonesia dan Kementrian Perekonomian Finance Program #FinanceProgramVisit

FEKDI 2023, yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia dan Kementerian Perekonomian, bertujuan mempercepat pemulihan ekonomi nasional dengan menampilkan inovasi produk dan layanan keuangan digital serta sinergi kebijakan. Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh prioritas Indonesia pada Keketuaan ASEAN 2023 untuk mengembangkan ekonomi digital melalui konektivitas sistem pembayaran, literasi, dan inklusi keuangan digital. ASEAN, sebagai salah satu blok ekonomi terbesar di dunia, telah memasuki era digital. Indonesia, sebagai ketua ASEAN tahun 2023, memiliki tanggung jawab memimpin transformasi ekonomi digital di kawasan ini. FEKDI 2023 menjadi wadah strategis untuk mewujudkan misi tersebut.

Dengan mengangkat tema “Synergy and Innovation of Digital Economy: Fostering Growth”, FEKDI 2023 memberikan platform bagi otoritas, pelaku industri, akademisi, dan lembaga internasional untuk membahas perkembangan ekonomi dan keuangan digital. Beragam inovasi, kebijakan, serta pencapaian dalam pengembangan ekosistem digital dipamerkan di acara ini. Sebagai representatif dari Finance Program BINUS University, Ms. Citra Amanda menjadi salah satu undangan dalam acara ini.

Salah satu sorotan utama acara ini adalah peluncuran Kartu Kredit Pemerintah (KKP) Domestik dengan biaya transaksi nol persen oleh Bank Indonesia. Gubernur BI, Perry Warjiyo, menekankan peran kartu ini sebagai instrumen untuk mendukung transaksi non-tunai dan penerapan prinsip “bangga buatan Indonesia”. Presiden Joko Widodo menginstruksikan seluruh entitas pemerintah untuk menggunakan KKP, menekankan keefisienan, transparansi, dan pertanggungjawaban belanja pemerintah.

FEKDI 2023, yang merupakan bagian dari rangkaian acara Keketuaan ASEAN Indonesia 2023, menegaskan komitmen Indonesia untuk mendorong inovasi dalam ekonomi digital. Melalui sinergi antara pemerintah, sektor swasta, dan akademisi, Indonesia berupaya mempercepat pemulihan ekonomi nasional dan mengembangkan ekosistem digital yang kuat dan inklusif. Event ini menunjukkan potensi besar ekonomi digital dalam membentuk masa depan pertumbuhan ekonomi Indonesia di kancah regional dan global.

Citra Amanda