Journal resubmission – What to do? (Part 1)

Papermu desk rejected ataupun udah under review oleh reviewer lalu di reject. Udah gitu mau nyerah aja? Ya jangan doong. Submit paper ke jurnal itu sama kaya nyari rumah, jodoh-jodohan. Ditolak di satu jurnal, bukan bearti papermu ga layak diterima, tapi mungkin kurang cocok aja dengan jurnalnya. Jadi hukumnya wajib banget buat nemuin RUMAH untuk MANUSKRIPnya. Namanya juga hidup, lebih sering ditolak daripada diterima ye kan?

βœ… Check author guidelines – tiap jurnal punya aims and scope yang berbeda. Kebanyakan paper yang desk rejected itu karena ga sesuai aims and scope jurnalnya. Yaudah aja di reject sama editornya. Template ataupun format yang berbeda kudu disesuikan lagi ketika akan di submit ke tujuan jurnal yang baru. Bisa jadi juga you aim top tier journal while you are a newbie in research world. Bukan berarti ga boleh nyoba ke top tier journal, tapi emang buat ke puncak itu tak segampang itu. Pun, kalo mau coba lgsg submit ke top tier journal boleh tapi cari yang ga berbayar aja (no submission fee) jd nothing to lose.

βœ… Baca ulang dari awal sampe akhir – Coba baca ulang lagi deh, barangkali ada yang salah ataupun masih harus ada yang dikembangkan atau dipoles untuk papernya biar lebih layak untuk di proses lebih lanjut. Disaat ini, posisikan anda sebagai reader. Tulisannya bisakah anda pahami sebagai pembaca. Selalu menulis dari sisi pembaca, bukan dari sisi anda sebagai author. Bertanya pada diri sendiri, β€œis it readable and understandable?”.

To be continued di artikel berikutnya.

.

Ditulis oleh: Shinta Amalina. H. Havidz

#research #youngresearcher #researcher #scopusjournal

Shinta Amalina. H. Havidz