Investor’s Dilemma: How Emotions Influence Stock Market Decisions

Manusia adalah mahluk yang penuh dengan emosi. Rasa senang, marah, sedih dan mood-mood yang lain dapat mempengaruhi pengambilan keputusan dari seseorang, salah satunya adalah Keputusan berinvestasi. Misalnya, Ketika kita lagi senang mungkin karena habis dapat nilai bagus, gaji, atau transferan uang lainnya memungkinkan kita untuk lebih mudah melakukan konsumsi termasuk membeli asset financial untuk berinvestasi. Sebaliknya, jika kita sedang marah atau sedih kemungkinan kita mengambil Keputusan tidak rasional juga akan semakin terjadi. Oleh karena itu kita perlu berhati-hati dalam mengambil Keputusan dan sadar dengan mood yang kita alami. Jangan sampai kita mengambil Keputusan irasional yang terlalu di pengaruhi oleh mood kita.

Terdapat beberapa fenomena yang terjadi yang dapat menjadi contoh pengaruh emosi dan pasar saham:

  1. Rasa Takut kepanikan pada saat periode Covid-19

Covid-19 yang terjadi pada saat awal 2020 membuat para investor menjadi takut mengenai ketidakpastiaan kinerja Perusahaan. Rasa takut tersebut menjadi kepanikan yang tidak irasional dan banyak investor memutuskan untuk keluar dari pasar saham, menjual saham-saham nya pada harga yang mungkin merugikan kinerja portfolio mereka.

  1. Serakah dan Over-optimisme

Overoptimisme adalah kecenderungan seseorang untuk melakukan prediksi yang sifatnya terlalu optimis atau mengarah prediksi keuntungan yang positif. Contohnya, ESG dan green finance yang terus-terus digaungkan bisa dapat menyebabkan para investor untuk berinvestasi secara berlebihan pada Perusahaan yang mengklaim sebagai Perusahaan yang peduli lingkungan, tanpa melakukan proses valuasi.

  1. Herding

Herding adalah perilaku yang dilakukan oleh seseorang untuk bergrup atau bergerombol. Pada pasar saham, investor cenderung melakukan ajang “ikut-ikutan” bergerombol mengambil Keputusan investasi. Misalnya, pada saat periode Covid-19 terjadi peningkatan jumlah investor yang cukup signifikan. Dan tidak sedikit investor baru tersebut melakukan herding yaitu dengan melakukan Keputusan investasi berdasarkan saran yang diberikan oleh selebritas di media sosial.

Kalau menurut kalian, gimana caranya supaya investor bisa tetep mengambil Keputusan secara rasional? Menurut kalian, apakah kalian termasuk investor rasional atau irasional? 😊

#Stockmarket #PasarSaham #BehavioralFinance #Emotion

Rita Juliana