Seminar Nasional: “Mindset to be Happy Investor”

Pada hari Jumat, 23 February 2024, Universitas Pelita Harapan mengadakan Stock Valuation Competition 2024 yang diikuti oleh berbagai univesitas yang berasal dari berbagai provinsi di Indonesia. Pada acara ini, diadakan juga Seminar Nasional yang mengangkat tema “Mindset to be Happy Investor”. Pembicara dari seminar ini adalah Bapak Daniel Wiguna yang merupakan Head of Online Trading dari Sucor sekuritas.

Bapak Daniel memulai dengan pertanyaan “apakah kalau jago hitung berarti bisa pasti dapat cuan?” jawabannya adalah belum tentu. Ternyata factor- factor yang menentukan kebahagiaan untuk seseorang berbeda-beda tergantung dengan generasinya. Misalnya Generasi Y lebih cederung memilih keluarga sebagai factor penentu kebahagian. Tetapi apa pun generasi nya, semua orang mengambil faktor uang sebagai factor utama penentu kebahagiaan.

Indeks Inklusi Keuangan Indonesia masih belum dianggap dewasa. Literasi Keuangan Indonesia dan Inklusi Keuangan Indonesia tidak berbanding lurus. Masyarakat Indonesia kebanyakan masih menaruh dana pension nya di perbankan. Padahal masih banyak kesempatan misalnya di reksa dana atau di pasar modal. Dan berhasil pada investasi yang dapat meningkatkan kekayaan ini akan tentu akan dapat meningkatkan kebahagian. Mindset yang diharapkan adalah harus berani anti gengsi, bisa memaafkan, tertawa, bisa belajar lupa, mindfulness dan bisa ngerem. Saran yang diberikan oleh Bapak Daniel bahwa (1) Saham bukan satu cara cepat menjadi kaya dan (2) Diversifikasi resiko ke beberapa saham. “A happy life comes from being kind, including how kindly you talk to yourself inside your own mind”.

#Investorsaham #happyinvestor

Rita Juliana