Training of Trainers (ToT) Dosen Kebanksentralan untuk Perguruan Tinggi Wilayah Barat Tahun 2024

Tanggal : 29 – 30 Juli 2024

Waktu: 09.00 – 16.00 WIB

Isi kegiatan:

Kegiatan ini adalah kegiatan Training of Trainers (ToT) untuk dosen kebanksentralan di perguruan tinggi wilayah barat tahun 2024 yang dilaksanakan tanggal 29 Juli 2024 sampai dengan 30 Juli 2024 yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia Institute dalam rangka mengembangkan keilmuan kebanksentralan. Bank Indonesia Institute sendiri telah menjalin kemitraan dengan 97 perguruan tinggi di Indonesia dalam bentuk implementasi kemitraan AI dalam bentuk pengembangan mata kuliah kebanksentralan baik dalam kuliah umum ToT dosen kebanksentralan), Merdeka Belajar di Bank Indonesia (KMBI dan Praktisi Mengajar), kerjasama riset dan bantuan penelitian.

Adapun materi ToT Kebanksentralan meliputi (1) Kelembagaan Bank Sentral pasca UU P2SK, (2) Bauran kebijakan Bank Indonesia (BKBI) untuk menjadi stabilitas dalam rangka mendukung pertumbuhan ekonomi, (3) transformasi digital dan elektronifikasi di sistem pembayaran Indonesia, (4) peran kebijakan ekonomi dan keuangan daerah dalam menjaga stabilitas harga dan akselari pertumbuhan ekonomi daearah, (5) pemanfaatan generative AI dalam dunia Pendidikan dan (6) evaluasi dan penguatan kerjasama kebanksentralan kedepan.

School of Accounting, Universitas Bina Nusantara menugaskan Dosen dari Program Finance yaitu Fitriya, PhD untuk ikut dalam kegiatan ToT. Universitas Bina Nusantara sendiri memiliki mata kuliah minor kebanksentralan yaitu digital finance and the role of central bank yang dikelola oleh Program Finance dan mata kuliah minor ini bekerja sama dengan praktisi mengajar dari Bank Indonesia Institute.

Berikut foto kegiatan:

Fitriya