Perubahan Gaya Hidup

Perubahan gaya hidup sudah dirasakan dari tahun 2019, tetapi COVID-19 ini mempercepat prosesnya karena semua dipaksa untuk tinggal di rumah atau istilahnya work from home. Semua layanan menjadi serba digital melalui internet. Semua akhirnya harus meloncat (leap) dengan cepat supaya perusahaan tetap bisa beroperasi, tidak ketinggalan perbankan. Contoh leap yang harus dilakukan perbankan adalah

  1. Branch office bangunan fisik. Dengan adanya internet, maka tidak diperlukan lagi banyak gedung, dengan banyak satpam. Karena nasabah tidak perlu lagi datang ke kantor, cukup melalukan klik dari smartphone atau komputer di rumah, asal ada internet. Ke depannya, bank bisa menghemat biaya pembukaan cabang baru, biaya pemeliharaan bank dan biaya tersebut di alihkan ke biaya teknologi
  2. Pembayaran dengan debit card dengan cara digesek ke mesin EDC mungkin akan menjadi sejarah, digantikan oleh teknologi QR, atau touch free terutama dimasa pandemic, untuk menjaga kebersihan dan tidak saling menggunakan barang yang sama
  3. Traditional Call Center dimana tadinya ada seseorang yang berbicara dengan kita, dilayani oleh manusia, sekarang dilayani oleh Robo Chat. Robo Chat ini di tenagai oleh Artificial Intelligence yang dapat mereplika percakapan manusia. Robo Chat disebut assisten digital karena dapat menjawab pertanyaan manusia secara cepat.

Itu sekilas tentang perubahan gaya hidup dimasa tehnologi ini, kalian mahasiswa generasi milenial, harus siap ya.

(KDW)